Tips Kehamilan

Waspadai Keluar Flek Saat Hamil Muda, Ini Wajib Anda Tau

Flek atau Spotting atau keluarnya bercak darah pada masa kehamilan trimester pertama seringkali menjadi sebuah kejadian yang seringkali membuat ibu hamil merasa khawatir. Apakah keluar flek saat hamil muda berbahaya? mungkinkah itu salah satu tanda atau gejala terjadinya keguguran?

Flek Saat Hamil

Flek Spotting
Trimester pertama, atau sering disebut masa hamil muda merupakan masa yang rawan, dan tercatat sekitar 70% keguguran terjadi pada masa kehamilan tersebut.

Itulah mengapa setiap kejadian atau gejala yang dirasa tak lazim seringkali membuat ibu hamil khawatir jika dialami pada masa kehamilan trimester pertama tersebut, termasuk salah satunya adalah keluarnya flek atau pendarahan ringan.
Baca - 10 tanda awal kehamilan, wajib anda tau

Faktanya, flek semasa hamil muda merupakan peristiwa yang umum, meskipun tidak selalu dialami oleh setiap ibu hamil dan bukan merupakan peristiwa yang perlu dikhawatirkan selama kejadian spotiing tersebut berlangsung wajar, dengan jumlah darah yang sedikit dan tidak terjadi terus-menerus.

Flek atau spotting sendiri dapat terjadi atau disebabkan oleh beberapa sebab, seperti karena terjadinya proses implantasi, yaitu sebuah proses penanaman embrio atau calon janin di dinding rahim. Atau flek juga dapat disebabkan karena efek perubahan kadar hormon di dalam tubuh ibu hamil.

Selain 2 faktor di atas, peradangan pada area mulut rahim yang disebabkan karena pelunak-kan area mulut rahim yang sangat mungkin disebabkan berhubungan pada masa kehamilan muda juga bisa menjadi penyebab keluarnya flek atau bercak darah.

Sekali lagi, flek dapat dikatakan normal jika hanya berupa keluarnya bercak darah dalam jumlah yang sedikit, dan dapat dihindari dengan mengurangi kerja fisik atau mengurangi intensitas berhubungan di masa kehamilan trimester pertama.

Namun, waspadai jika flek saat hamil muda berlangsung terus menerus atau dalam jumlah darah yang dapat dikatakan kurang wajar, segera hubungi dokter kehamilan anda jika anda mengalaminya.