Tips Kehamilan

Rambut Rontok Saat Hamil, Normalkah ?

Saat hamil, anda mungkin menemukan banyak rambut yang rontok dan tercabut saat anda menyisir rambut. Apa yang terjadi dengan rambut anda? apakah hal tersebut normal?

Rambut Rontok Saat Hamil

Rambut Rontok
Rambut rontok yang anda alami saat anda sedang hamil bisa saja anda alami dan bahkan bisa berlanjut hingga 2 atau 3 bulan pasca persalinan, walaupun pada sebagian wanita hamil justru ada juga yang rambutnya malah terlihat lebih tebal pada saat sedang hamil.

Para ahli spesialis kandungan percaya, sedikitnya ada 3 hal yang bisa menjadi penyebab kerontokan rambut saat hamil, yaitu
  1. Perubahan Kadar Hormon Progesteron

  2. Perubahan kadar hormon progesteron di dalam tubuh saat anda hamil bisa menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh atau mudah patah.

    Dan kerontokan rambut yang disebabkan melonjaknya kadar hormon progesteron bisa bertahan bahkan hingga 3 bulan setelah anda melahirkan.

  3. Penurunan Kadar Hormon Tiroid

  4. Selain peningkatan kadar hormon progesteron, salah satu penyebab kerontokan rambut saat hamil lainnya adalah menurunnya kadar hormon tiroid yang diakibatkan menurunnya fungsi kelenjar tiroid.

    Kerontokan rambut saat hamil yang disebabkan karena kadar hormon tiroid sangat bisa dideteksi dengan melakukan pengecekan kadar hormon tiroid untuk selanjutnya mendapatkan penanganan secara medis dengan pemberian obat.

  5. Kekurangan Zat Besi

  6. Ibu hamil sangat rawan mengalami kekurangan zat besi yang rentan memicu anemia, menyebabkan anda mudah lelah, serta bisa menjadi penyebab kerontokan rambut saat hamil.

    Namun, jangan khawatir karena kerontokan rambut tersebut hanya terjadi sementara.
Tercatat, hanya sekitar 5% saja perempuan di seluruh dunia yang mengalami kerontokan rambut parah saat hamil dan berlanjut di masa setelah persalinan dan membutuhkan tindakan medis.

Untuk mengurangi kerontokan rambut yang terjadi saat hamil, sebaiknya anda mencukupi kebutuhan zat besi dari makanan dan secara rutin merawat serta membersihkan rambut dan kulit kepala dengan baik. Hindari menggunakan sisir bergigi rapat dan jangan menggosok rambut terlalu keras menggunakan handuk selesai anda mandi atau mencuci rambut