Tips Kehamilan

5 Tips Mudah Agar Anda Tetap Bugar Saat Hamil

Hamil seringkali membuat banyak perempuan mudah merasa lelah saat beraktifitas, bahkan tidak jarang juga yang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Akibatnya jadi mudah sakit dan banyak pekerjaan rumah yang terbengkalai. Untuk mengatasinya, berikut tips tetap bugar saat hamil

Tetap Bugar & Sehat Saat Hamil


Tips Hamil

Adalah hal yang wajar jika fisik lebih cepat mengalami rasa lelah dibanding masa sebelum hamil, beban tambahan dari perut dan janin menambah beban tubuh anda sehngga fisik akan bekerja lebih keras saat anda beraktifitas.

Namun, ada baiknya anda tetap menjaga kebugaran agar tetap aktif dan sehat di masa hamil, dengan 5 tips tetap bugar saat hamil yang diambil dari buku panduan masa hamil berikut ini,

Mencukupi waktu istirahat

Waktu istirahat yang cukup, bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh anda, baiknya berikan tubuh waktu untuk beristirahat atau tidur tidak kurang dari 8 jam setiap hari nya.

Cukupi kebutuhan kalori

Merasa khawatir dengan ukuran tubuh anda yang semakin membesar? bukan berarti anda harus menahan lapar, karena kekurangan kalori saat hamil bisa berbahaya bagi anda dan janin yang anda kandung.

Jumlah yang mencukupi kebutuhan kalori harian anda adalah sekitar 399kkal. Silahkan baca juga, tips memilih makanan di awal kehamilan.

Cukupi kebutuhan air

Cukupi jumlah air yang anda minum dan hindari terlalu sering merasa haus. Untuk menjaga kandungan cairan di dalam tubuh tetap stabil, baiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih.

Berolahraga ringan

Hamil bukan berarti anda harus menghabiskan setiap hari anda berbaring dan bermalas-malasan. Olahraga ringan seperti berjalan kaki sudah cukup dan sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh anda saat hamil.

Pilihan olahraga lainnya adalah berenang dan senam hamil, namun ada baiknya anda didampingi oleh instruktur atau mereka yang mengerti kebutuhan olahraga perempuan hamil saat melakukan dua jenis olahraga tersebut

Kurangi aktifitas fisik berlebih

Kemampuan tubuh anda untuk bekerja keras akan berkurang selama masa hamil. Ada baiknya anda tidak memaksakan diri untuk melakukan kegiatan yang akan membuat anda lelah, dan selalu ingat untuk beristirahat saat anda merasa lelah terutama di masa kehamilan trimester pertama dan ke tiga

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan anda dapat menjalani masa kehamilan dengan tetap bugar dan sehat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.