Tips Kehamilan

10 Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Anda Ketahui

Tanda-tanda awal kehamilan berikut ini merupakan tanda-tanda umum yang seringkali ditemukan pada masa awal kehamilan. Semoga dengan mengetahui tanda-tanda awal kehamilan berikut bisa membantu anda mendeteksi kehamilan sejak dini dan mempersiapkan yang terbaik untuk kehamilan anda

Tanda Awal Kehamilan

Tanda Awal Kehamilan

Berikut 10 tanda-tanda awal kehamilan yang umum terjadi sebagai ciri awal kehamilan.
  1. Terlambat haid

  2. Perempuan yang mengalami kehamilan akan berhenti mengalami haid. Maka, jika anda mengalami keterlambatan datangnya tamu bulanan dari jadwal biasanya, maka bisa saja anda tengah hamil, meskipun seperti yang telah kita ulas di artikel ciri-ciri awal kehamilan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan keterlambatan haid selain faktor kehamilan.

  3. Perubahan pada bentuk payudara

  4. Peningkatan produksi hormon progesteron dan esterogen memicu terjadinya pembengkakan payudara. Selain membengkak, payudara juga akan terasa lebih sensitif pada sentuhan, sehingga akan terasa lebih sakit atau nyeri saat dipegang atau terbentur.

  5. Munculnya flek yang disertai kram perut

  6. Banyak perempuan keliru dalam membedakan keluarnya flek kehamilan dengan menstruasi. Pada awal kehamilan, akibat dari implantation bleeding, seorang perempuan yang memasuki masa awal kehamilan akan mengeluarkan flek darah seperti layaknya menstruasi namun diikuti dengan rasa kram di perut yang akan terasa berlanjut hingga kehamilan trimester ke dua atau sampai letak uterus tepat berada di tengah.

  7. Mual dan muntah atau morning sickness

  8. Pada awal kehamilan, terjadi peningkatan jumlah hormon Human Chorionic Gonadotrophin atau HCG di dalam aliran darah dan saluran air kencing. Peningkatan hormon tersebut kemudian di respon oleh tubuh dengan rasa mual dan muntah, terutama di pagi hari.

    Pada masa ini adalah saat paling baik dilakukan test kehamilan, karena cara kerja alat test kehamilan adalah mendeteksi kadar hormon HCG di dalam urine.

  9. Sering buang air kecil


  10. Sering buang air kecil atau frequent urination juga bisa menandakan kehamilan. Hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan janin yang menekan kandung kemih, selain efek dari perubahan hormon.


  11. Pusing dan sakit kepala


  12. Rasa pusing dan sakit kepala seringkali dirasakan oleh perempuan hamil terutama setelah peningkatan aktivitas fisik

  13. Mudah merasa lelah

  14. Perubahan hormonal di dalam tubuh juga ikut menyebabkan perubahan pada daya tahan tubuh. Oleh karena itu, pada awal kehamilan biasanya banyak perempuan menjadi lebih cepat lelah dan mengantuk

  15. Sembelit

  16. Peningkatan hormon progesteron memicu pengenduran pada otot dinding usus yang kemudian menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

  17. Meningkatnya produksi ludah

  18. Produksi ludah berlebih atau hipersalivasi merupakan efek dari perubahan kadar hormon esterogen. Tanda ini biasanya bertahan selama masa kehamilan trimester pertama dan menghilang saat memasuki trimester kedua.

  19. Suhu basal tubuh meningkat

  20. Selama masa kehamilan, terjadi peningkatan suhu tubuh di atas suhu tubuh normal di luar masa kehamilan dan akan bertahan selama masa kehamilan.

Ciri awal kehamilan

Ciri atau tanda awal kehamilan di atas terjadi secara umum namun sangat dimungkin terasa berbeda pada setiap perempuan. Cara paling baik untuk mendeteksi kehamilan dengan tepat adalah melakukan uji kehamilan, baik dengan metode menguji urine maupun darah.