Tips Kehamilan

Gangguan Kesehatan Yang Sering Terjadi di Kehamilan Trimester Ketiga

Trimester ke tiga kehamilan merupakan masa dimana umumnya ibu hamil mulai di sibukkan dengan kegiatan mempersiapkan kelahiran bayi, mulai dari berbelanja pakaian dan perlengkapan bayi, hingga menentukan pilihan tempat bersalin yang akan digunakan untuk melewati proses persalinan. Semua persiapan tersebut tentunya akan terasa sangat menyenangkan, namun dibalik kesenangan tersebut, ada beberapa gangguan kesehatan yang seringkali muncul di fase kehamilan trimester ke tiga

Gangguan Kesehatan di Trimester Ke Tiga


Trimester Ketiga

Beberapa gangguan pada fisik dan perubahan emosional akan secara umum menyerang ibu hamil di fase kehamilan tersebut, salah satunya adalah semakin terasanya rasa pegal pada persendian tulang belakang dan pinggul yang diakibatkan oleh semakin beratnya bobot perut akibat dari pertumbuhan janin yang semakin membesar.

Beban yang mau tidak mau harus dirasakan oleh ibu hamil tersebut juga menyebabkan rasa mudah lelah saat beraktifitas fisik ringan sekalipun.

Pada beberapa kasus, bahkan ada ibu hamil yang sampai tidak ingin melakukan apapun yang akan membuatnya kelelahan di periode kehamilan tersebut.

Selain rasa lelah, peregangan pada kulit perut yang semakin membesar dan pelebaran pada pembuluh darah menyebabkan rasa gatal di area perut, ini merupakan gejala umum dan cikal bakal terbentuknya stretch mark yang hampir tidak mungkin dihindari oleh ibu hamil. Ada baiknya, saat anda mengalami rasa gatal tersebut, cukup mengusap area kulit yang gatal dan hindari menggaruk terlalu keras, karena kulit yang tertarik atau menegang lebih sensitif dan mudah terluka.

Pada trimester ke tiga kehamilan juga biasanya ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tertentu seperti betis, paha, bahkan hingga ke tangan.

Bolehkah berhubungan badan pada masa kehamilan trimester ke tiga?

Ada perbedaan pendapat mengenai hal tersebut, ada yang percaya bahwa berhubungan badan pada saat hamil tua dapat membahayakan janin akibat dari kontraksi rahim saat orgasme atau akibat dari masuknya sel sperma yang dapat merusak lapisan ketuban.

Namun, pendapat yang paling umum justru memperbolehkan berhubungan pada saat hamil tua, dengan catatan dilakukan dengan lembut dan berhati-hati.

Menjaga Kesehatan di Usia Kehamilan Trimester Ke Tiga

Pada masa kehamilan trimester ke tiga, ada baiknya anda mulai mengurangi konsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi, ini demi menghindari resiko kram dan kejang pada kaki yang biasanya dipicu karena peningkatan kadar garam di dalam tubuh.

Sangat disarankan juga untuk tetap melakukan aktifitas dan olahraga ringan demi mempersiapkan kondisi tubuh menghadapi proses persalinan.

Selain perubahan atau gangguan kesehatan pada fisik ibu hamil, di masa kehamilan trimester ke tiga, umumnya ibu hamil juga dilanda kecemasan menghadapi proses persalinan. Kecemasan tersebut merupakan hal yang wajar terutama pada kehamilan pertama. Berfikir positif dan mengingat bahwa sebentar lagi anda akan melihat wajah si kecil lucu, buah hati anda, yang sudah lama anda tunggu kehadirannya bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan tersebut.