Tips Kehamilan

Tips Posisi Tidur Nyaman Saat Hamil

Berubah nya ukuran tubuh, terutama ukuran perut yang semakin membesar, mau tidak mau ikut mengurangi kenyamanan ibu hamil saat berbaring, terlentang salah, tengkurap juga terasa semakin salah. Lalu, bagaimana sebenarnya posisi tidur ibu hamil yang dianjurkan?

Posisi Tidur Saat Hamil

Setiap ibu hamil membutuhkan waktu istirahat yang tercukupi, salah satunya adalah waktu tidur yang mencukupi kebutuhan setiap harinya.

Namun, ketidaknyamanan saat berbaring bisa menjadi salah satu penyebab kurangnya waktu tidur atau kurangnya kualitas tidur dan beristirahat bagi seorang ibu hamil.

Rasa tidak nyaman tersebut tentunya jika dibiarkan berlarut larut akan menjadi masalah yang terasa semakin mengganggu seiring semakin membesarnya ukuran perut sang ibu hamil.

Lalu, bagaimana seharusnya posisi tidur seorang ibu saat di sedang hamil?

Tidur Tengkurap dan Terlentang Saat Hamil

Pada saat hamil muda, mungkin posisi tidur tengkurap tidak terasa terlalu sulit.

Banyak ahli pun menyatakan bahwa sebenarnya posisi tidur tengkurap sama sekali tidak membahayakan janin.

Namun, perubahan tubuh pada masa kehamilan yaitu membesarnya ukuran perut dan payudara ibu, dan semakin sensitif nya area payudara ibu saat hamil tentunya akan membuat tidur tengkurap menjadi kurang nyaman.
Baca - Inilah mengapa payudara membengkak saat hamil.

Lalu bagaimana dengan posisi tidur terlentang saat hamil ?

Saat seorang ibu hamil tidur terlentang, maka rahim akan membebani usus dan pembuluh darah yang mengangkut darah ke serambi kanan jantung, sehingga jika dilakukan terus menerus akan menimbulkan gangguan pada pencernaan dan rasa sakit di pinggang.

Tidur Miring ke Kiri Saat Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil

Salah satu posisi tidur yang dianjurkan dan dinyatakan baik adalah posisi tidur dengan tubuh miring ke sebelah kiri.

Dengan posisi tidur miring ke sebelah kiri, ahli kandungan percaya bahwa aliran nutrisi melalui plasenta dari ibu ke janin yang dikandungnya akan lebih maksimal. Selain itu, posisi tidur miring ke kiri saat hamil juga dipercaya membantu kinerja ginjal pada ibu hamil, yang efek positif nya membantu mengurangi pembengkakan tangan dan kaki yang umumnya dialami oleh perempuan saat sedang hamil.

Dengan penjelasan di atas, ada baiknya anda membiasakan tidur dengan cara berbaring dan menghadap ke sebelah kiri tubuh anda, dan sesekali merubah posisi, semisal terlentang atau berbalik ke kanan jika anda sudah merasa kurang nyaman.