Tips Kehamilan

9 Gangguan Kesehatan Umum Yang Dialami Ibu Hamil

Perubahan pada hormon dan fisik pada ibu hamil yang berlangsung secara alami dan tidak dapat dihindari sangat mungkin kemudian memicu terjadinya gangguan kesehatan, mulai dari gangguan ringan hingga gangguan kesehatan yang membutuhkan tindakan medis untuk mengatasinya. Untuk anda yang saat ini sedang hamil atau mempersiapkan kehamilan, ada baiknya anda mengenali 9 gangguan kesehatan yang umum dialami ibu hamil berikut ini.

Gangguan Kesehatan Saat Hamil

Trimester Kehamilan
Secara umum, gangguan kesehatan berikut ini sangat mungkin dialami oleh seorang perempuan saat dia sedang hamil, yaitu
  1. Sering Kesemutan

  2. Umumnya gangguan ini dialami ibu hamil di masa trimester kehamilan kedua yang disebabkan gangguan pada sistem saraf, dan akan lebih parah jika sang ibu mempunyai riwayat gangguan tekanan darah tinggi.

    Untuk gangguan kesemutan ringan sangat mungkin diatasi dengan cara merendam bagian tubuh seperti tangan atau kaki yang terasa kesemutan ke dalam air hangat, namun jika kesemutan dirasa sering dan mengganggu, dibutuhkan pemberian terapi neurotropic yang dilakukan oleh dokter.

  3. Lelah dan Pusing

  4. Lelah dan pusing adalah sebuah isarat dari tubuh saat seorang ibu hamil melakukan aktifitas berlebih dan membutuhkan istirahat.

    Saat hamil, sebaiknya anda menyadari bahwa kekuatan fisik anda jauh berkurang tidak seperti pada masa sebelum anda hamil.

  5. Dehidrasi

  6. Kelelahan serta morning sickness atau mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan memicu terjadinya dehidrasi. Ini merupakan gangguan kesehatan yang sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena dapat membahayakan ibu hamil dan perkembangan janin nya.

    Dehidrasi berat ditandai dengan jumlah urine atau air kencing yang sedikit dan atau berwarna keruh.

    Pada tingkat berbahaya, dehidrasi pada ibu hamil membutuhkan tindakan medis, yaitu memberikan asupan elektrolit ke dalam tubuh melalui infus.

  7. Pembengkakan Bagian Tubuh

  8. Pembengkakan umumnya terjadi di bagian kaki akibat dari kerja keras kaki menopang beban tubuh (perut). Namun, terlalu sering duduk pun ternyata juga bisa menyebabkan kaki bengkak.

    Selain kaki, pada saat hamil, bagian tubuh lain yang umumnya mengalami pembengkakan adalah bagian payudara.
    Baca - Inilah Mengapa Payudara Membengkak Saat Hamil

  9. Hypersalivation

  10. Hypersalivation adalah kondisi dimana air liur diproduksi secara berlebih dan umumnya terjadi di trimester kehamilan pertama menjelang trimester kedua.

    Tidak ada tindakan medis yang dibutuhkan untuk mengatasi hypersalivation karena umumnya gangguan tersebut akan berhenti sendiri seiring bertambahnya usia kehamilan.

  11. Flek atau Spotting

  12. Flek atau spotting adalah keluarnya bercak darah dalam jumlah sedikit yang biasanya terlihat di celana dalam.

    Meskipun dapat dialami oleh sebagian besar perempuan hamil, keluarnya flek membutuhkan perhatian terutama jika darah yang keluar terlihat tidak normal. Konsultasi medis ke dokter sangat wajib anda lakukan jika anda mengalaminya.
    Baca - Fakta seputar Spotting Yang Harus Anda Tau

  13. Sakit Punggung dan Sesak Napas

  14. Memasuki trimester ketiga, dua gangguan kesehatan ini sering kali menjadi gangguan kesehatan yang dirasa mengganggu bagi sebagian besar ibu hamil yang disebabkan karena perubahan ukuran rahim dan kadar hormon.

    Pijatan ringan di daerah punggung cukup baik untuk mengatasi masalah sakit punggung, dan hindari pijatan di area perut karena sangat berbahaya.

    Untuk sesak napas, dibutuhkan saran medis terutama jika ibu hamil memiliki gangguan atau ketidaknormalan fungsi jantung.

  15. Kram Perut

  16. Kram perut umumnya dialami akibat efek gerakan janin yang dirasakan oleh sang ibu dan dapat dikatakan gangguan kesehatan yang normal

  17. Sering Buang Air Kecil

  18. Menjelang akhir kehamilan, ibu biasanya mengalami gangguan sering buang air kecil karena kantong kencing terdesak oleh pembesaran ukuran rahim
Meskipun gangguan - gangguan kesehatan di atas secara umum dialami oleh ibu hamil, jika anda mengalaminya, tidak ada salahnya jika anda selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai gangguan kesehatan dan fisik yang anda alami untuk mendapatkan saran atau terapi medis jika ternyata gangguan yang anda alami merupakan tanda awal terjadinya gangguan pada kehamilan atau perkembangan janin, semoga bermanfaat.