Tips Kehamilan

Bahaya Gangguan Gusi Saat Hamil Yang Jarang Diketahui

Gangguan gusi di masa hamil merupakan salah satu dari sekian banyak masalah kesehatan saat hamil yang seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan ibu hamil.

Padahal, tahukah anda jika masalah gusi di masa hamil bisa mempengaruhi perkembangan janin?

Gangguan Gusi Saat Hamil

Gusi Berdarah

Umumnya, masalah yang terjadi di gusi pada masa kehamilan adalah radang, gusi berdarah, dan pembengkakan gusi.

Penyebabnya adalah peningkatan hormon di dalam tubuh ibu hamil, yaitu hormon progesteron dan estrogen yang memicu membesarnya pembuluh darah di area gusi, sehingga gusi menjadi lunak, mudah terluka dan membengkak.

Jika tidak ditangani secara serius, gangguan gusi yang terjadi pada masa hamil rentan memicu terjadinya radang gusi atau gingivitis yang kemudian menjadi jalan masuknya bakteri ke aliran darah dalam tubuh.

Bakteri tersebutlah yang dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan organ rahim bahkan menyebabkan gangguan perkembangan janin di dalam rahim.

Waspadai Gangguan Gusi di Masa Kehamilan

Karena sering dianggap sebagai bukan masalah kehamilan yang serius, banyak ibu hamil kurang mengetahui fakta bahwa sekitar 70% lebih kemungkinan ibu hamil dengan gangguan gusi akan melahirkan bayi secara premature dan atau bayi terlahir dengan berat tubuh lahir yang rendah.

Oleh karena itulah, jika saat ini anda tengah hamil dan mengalami gangguan gusi, baik gusi membengkak atau terasa sensitif, sebaiknya anda mengikuti beberapa tips berikut ini,
  1. Sikat gigi dan bersihkan sela gigi dari sisa makanan yang mungkin tertinggal pada pagi dan malam hari sebelum anda tidur

  2. Ganti sikat gigi anda dengan sikat gigi yang memiliki bulu lembut, dan jangan menekan terlalu keras saat menyikat gigi

  3. Perbanyak konsumsi buah-buahan terutama yang kaya akan kandungan vitamin C

  4. Jika anda mengalami masalah gusi yang membengkak, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Bahkan akan sangat baik jika anda melakukan penjadwalan kunjungan ke dokter gigi selama masa kehamilan.
Sebaiknya anda baca juga, fakta dibalik kerontokan rambut saat hamil