Tips Kehamilan

Stretch Mark & 3 Cara Mengatasinya

Masalah stretch mark yang muncul atau tampak berupa guratan di kulit sebenarnya bukanlah masalah yang berbahaya, bahkan stretch marks akan menghilang atau memudar seiring waktu.

Yang seringkali menjadikan masalah stretch marks menjadi masalah yang tampak besar bagi perempuan adalah karena tampilan stretchmark dirasa dapat mengganggu penampilan, bahkan mengurangi rasa percaya diri pada sebagian besar perempuan.

Sebenarnya, stretchmarks sangat mungkin dicegah jika penanganan yang tepat dilakukan pada awal terbentuknya stretch mark, atau saat stretch marks masih tampak berupa guratan berwarna merah.

Stretch Mark

Stretch Mark

Pada masa awal terbentuknya stretch mark tersebut, sangat disarankan untuk memberikan pelembab kulit secara rutin di area kulit dimana stretch mark mulai muncul.

Selain dengan menjaga kelembaban kulit, terapi hangat atau menghangatkan area kulit dimana stretch mark terbentuk juga dapat membantu lancarnya peredaran darah di dalam kulit untuk mencegah stretch mark terbentuk semakin banyak.

Sedangkan untuk mengatasi stretchmarks yang terlanjur terlihat sebagi guratan kulit berwarna gelap ataupun putih, ada 3 cara yang bisa anda lakukan, yaitu
  1. Menggunakan cream khusus untuk menyembunyikan stretch marks

  2. Banyak cream yang memiliki fungsi untuk menyamarkan stretchmarks dan dijual dengan bebas, umumnya cream tersebut berwarna sama dengan kulit sehingga bisa menutupi stretchmarks dan tahan air hingga beberapa hari

  3. Menggunakan cream penghilang stretchmarks

  4. Cream penghilang stretch mark akan sangat efektif jika digunakan pada masa awal terbentuknya stretchmarks

  5. Melakukan terapi medis

  6. Misalnya dengan menggunakan terapi sinar laser atau terapi dengan menggunakan kristal yang dikenal dengan istilah mikrodermabrasi.
Seperti telah ditulis di atas, stretch mark bukanlah masalah kesehatan yang berbahaya dan merupakan masalah umum yang dialami oleh lebih dari 90% perempuan pasca persalinan, jadi sebaiknya masalah stretch mark tidak perlu dianggap sebagai masalah yang serius karena stretch mark akan memudar seiring waktu.