Tips Kehamilan

3 Tips Mudah Mencegah Stretch Marks Saat Hamil

Ukuran perut, paha, bokong serta payudara yang membesar saat hamil menyebabkan peregangan pada lapisan dermis kulit yang kemudian pecah dan meninggalkan bekas bergaris di lapisan luar kulit yang akrab kita kenal sebagai gurat kehamilan atau stretch mark.

Stretch Mark

Mencegah Stretch Marks Saat Hamil

Meskipun seringkali diidentikan dengan masalah ibu hamil, stretch mark bukan hanya dapat dialami oleh ibu hamil saja, peningkatan berat badan secara drastis, atau kegemukan juga dapat menjadi penyebab timbulnya stretch mark.

Bagi banyak orang, stretch mark seringkali dirasa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, hingga kemudian banyak orang, terutama perempuan pasca melahirkan mencoba berbagai cara atau produk untuk menghilangkan stretchmark.

Yang menjadi pertanyaan adalah, mungkinkah timbulnya stretch mark bisa dicegah sejak masa kehamilan?

Mencegah Stretch Marks Saat Hamil

Jawabannya sangatlah mungkin, sudah banyak orang yang berhasil dan meminimalisir timbulnya stretch marks pada masa kehamilan, dan cara nya pun tidaklah sulit.

Berikut tips mencegah stretch marks saat hamil
  1. Jaga Elastisitas Kulit

  2. Penyebab timbulnya stretch marks adalah karena lapisan dermis kulit kurang elastis dan meregang sehingga kemudian pecah dan menyebabkan timbulnya garis kehamilan.

    Maka, tips pertama untuk mencegah timbulnya stretch marks adalah dengan menjaga elastisitas kulit.

    Caranya dengan rutin mengkonsumsi makanan, terutama buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin A, C, dan E, dan perbanyak minum air putih

  3. Perhatikan Perubahan Ukuran dan Berat Tubuh

  4. Berat badan berlebih saat hamil ikut memperparah timbulnya stretch mark. Jaga agar anda tidak mengalami kehamilan dengan berat badan berlebih.

    Silahkan anda baca juga artikel mengenai berat badan ideal ibu hamil

  5. Jaga Kelembaban Kulit

  6. Kelembaban kulit yang kurang baik juga turut berperan dalam timbulnya stretch mark.

    Penggunaan lotion serta sabun mandi yang tidak menyebabkan kulit menjadi kering bisa ikut membantu mencegah timbulnya stretch marks saat hamil
Selain 3 tips di atas, jika stretch marks saat hamil terlanjur muncul, hindari menggaruk area stretch mark yang memang akan terasa gatal karena rentan menyebabkan luka, atau iritasi kulit yang akan membekas. Selamat mencoba tips mencegah timbulnya stretch marks saat hamil di atas, semoga bermanfaat.