Tips Kehamilan

Cara Mudah Menentukan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Saat hamil, tentunya mau tidak mau berat badan ibu akan naik seiring bertambah nya usia kehamilan. Namun, merupakan hal yang penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan perubahan berat tubuh agar tetap dapat dikategorikan sebagai berat badan yang ideal di masa kehamilan

Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Sebelum mengulas mengenai berat badan ideal untuk ibu hamil, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengapa ibu hamil harus menjaga berat badan nya agar tidak terlalu berlebih maupun tidak terlalu kurang.
  • Resiko Kehamilan Dengan Berat Badan Berlebih

  • Berat perut dan janin, ditambah berat badan ibu yang berlebih akan menguras tenaga ibu dengan cepat, akibatnya ibu hamil akan cepat merasa kelelahan, pegal di bagian punggung dan kaki, sehingga ibu hamil akan menjadi pasif atau kurang bergerak, dan tentunya hal tersebut kurang baik untuk kualitas kehamilan ibu.

  • Resiko Kehamilan Dengan Berat Badan Kurang

  • Berat badan yang kurang ideal menunjukan jika ibu hamil kurang mendapat asupan nutrisi atau zat gizi penting yang bukan hanya dibutuhkan oleh ibu hamil, namun juga janin di dalam kandungan.

    Sangat mungkin ibu hamil dengan berat badan kurang ideal akan melahirkan bayi dengan berat kurang ideal juga, atau di bawah 2,5 kg, dan sangat tidak mustahil bayi yang lahir akan mengalami masalah kurang gizi atau lahir cacat akibat tidak terpenuhi nya kebutuhan gizi untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan

Melihat resiko di atas, anda tentunya tidak menginginkan hal tersebut bukan?
Maka ada baiknya anda rutin mengontrol berat badan anda agar tetap berada di kisaran berat badan ibu hamil yang ideal.
Baca juga, 7 tips menjaga kesehatan saat hamil

Berat Badan Ideal Saat Hamil

Seperti telah di ulas di atas, berat badan ibu akan naik seiring usia kehamilan, yaitu sekitar 1 kg sampai 2 kg di masa kehamilan trimester pertama, kemudian naik hingga 4,5 kg di penghujung trimester kedua (bulan ke 6), dan naik kembali di trimester ketiga hingga maksimal 15kg dari berat badan sebelum masa kehamilan.

Jika ibu mengalami perubahan berat badan yang tidak normal, atau sama sekali tidak mengalami kenaikan berat badan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kehamilan anda untuk mendapatkan saran yang tepat serta tindakan awal yang penting untuk dilakukan jika dirasa perubahan berat badan tersebut disebabkan oleh kehamilan yang bermasalah.