Tips Kehamilan

Tips Memilih Makanan di Awal Kehamilan

Trimester pertama kehamilan merupakan sebuah masa yang akan terasa menyenangkan, namun di masa itu pula tak jarang banyak ibu hamil cenderung mengkhawatirkan kondisi janinnya, karena pada masa-masa tersebut kondisi kandungan dinilai masih terlalu sensitif. Salah satu hal yang terasa membingungkan adalah memilah dan memilih makanan sehat di masa kehamilan trimester pertama.

Memilih Makanan di Awal Kehamilan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pada masa hamil, seorang ibu hamil sangat diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang penting untuk tubuh dan kandungannya, caranya tentu saja dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.
Apa saja jenis makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil pada kehamilan trimester pertama?

Yang pertama, sebaiknya ibu hamil mulai mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung zat besi, baik zat besi heme seperti dari daging merah maupun zat besi non heme seperti dari brokoli dan kacang merah.

Pada masa awal kehamilan, banyak ahli juga menyarankan untuk mengganti beras putih yang biasa dikonsumsi dengan beras merah, karena selain mengandung karbohidrat yang lebih kompleks, beras merah juga bisa membantu mengatasi sembelit yang biasanya memang dialami oleh ibu hamil.

Zat gizi lainnya yang tidak kalah penting adalah vitamin c yang bisa ibu dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, strawberry, anggur, dan lainnya. Vitamin c memiliki peranan penting dalam membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik selain untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Makanan yang harus dihindari di masa kehamilan

Selain makanan yang bermanfaat, tentunya ada pula jenis makanan berbahaya yang sangat wajib dihindari oleh ibu hamil, yaitu makanan yang dimasak setengah matang.

Hindari juga jajanan atau makanan olahan yang dikhawatirkan dimasak kurang baik dan atau dengan kondisi kebersihan yang tidak terjamin, dan sangat disarankan untuk mencuci buah dan sayur yang akan dikonsumsi dengan menggunakan air mengalir (air kran) untuk menghindari resiko mengkonsumsi sayuran atau buah yang mengandung pestisida.