Tips Kehamilan

3 Tips Penting Mempersiapkan Persalinan

Usia kehamilan anda sudah mendekati hari perkiraan melahirkan? jika ya, maka ada baiknya anda mempersiapkan segala hal untuk menghadapi proses persalinan.

Apa saja yang harus dipersiapkan? lengkapnya mari kita ulas di tips mempersiapkan persalinan berikut ini

Persiapan Persalinan dan Kelahiran Bayi

Persiapan Persalinan dan Kelahiran Bayi

Untuk menghadapi persalinan dan kelahiran bayi, ada 4 hal yang harus anda persiapkan, yaitu

Mempersiapkan Kondisi Fisik

Kondisi fisik yang baik merupakan sebuah keharusan dalam menghadapi proses persalinan yang akan terasa melelahkan. Oleh karena itu, salah satu persiapan terpenting dalam menghadapi hari persalinan adalah mempersiapkan kondisi fisik dengan baik.

Selain mempersiapkan kondisi fisik, bagi ibu hamil yang memiliki gangguan kesehatan seperti asma dan tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk jauh-jauh hari berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang akan menangani persalinan.

Tujuan nya agar dapat ditemukan metode persalinan yang terbaik untuk dilakukan, sebab ibu hamil dengan gangguan darah tinggi dan asma hampir tidak mungkin melakukan proses persalinan normal

Mempersiapkan Kondisi Psikis

Rasa takut dan kecemasan berlebih akan mengganggu lancarnya proses persalinan, ada baiknya anda meminta dukungan dari keluarga dan suami menjelang hari persalinan.

Hilangkan kecemasan dan yakinlah anda pasti bisa melalui proses persalinan dengan kehadiran bayi anda yang sudah 9 bulan anda tunggu sebagai hadiahnya.

Mempersiapkan finansial

Kesiapan finansial merupakan kebutuhan mutlak menghadapi proses persalinan, bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan pada saat persalinan, namun juga untuk mempersiapkan kebutuhan bayi dan ibu pasca persalinan

Selain 3 persiapan di atas, berdasarkan kondisi tertentu, pasca persalinan anda mungkin perlu mempersiapkan banyak hal lainnya, seperti kesiapan dari suami, kendaraan untuk menuju rumah bersalin, alternatif lokasi bersalin, dan lainnya.

Untuk semakin mempersiapkan diri menghadapi persalinan, ada baiknya anda juga membaca artikel ciri atau tanda awal menjelang persalinan