Tips Kehamilan

Cara Mudah Mengetahui Tanggal Perkiraan Melahirkan

Mempersiapkan persalinan atau kelahiran bayi merupakan salah satu hal yang tidak kalah pentingnya anda lakukan di masa kehamilan, dan untuk mempersiapkan persalinan dengan baik anda sebaiknya mengetahui tanggal perkiraan melahirkan agar persiapan tidak dilakukan dengan terburu-buru.

Tanggal Perkiraan Melahirkan

Hari Perkiraan Lahir

Ada banyak metode yang bisa anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan dan mengetahui tanggal perkiraan melahirkan atau persalinan, salah satunya menggunakan metode penghitungan dengan rumus neagle, yaitu rumus penghitungan usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL) dengan patokan HPHT atau hari pertama haid terakhir.

Tanggal pertama anda mendapatkan haid atau menstruasi terakhir sebelum terjadinya kehamilan adalah apa yang dimaksud dengan HPHT, dan wajib anda ketahui untuk dapat menentukan HPL yang tepat.

Rumus neagle yang digunakan untuk menentukan hari perkiraan lahir dengan patokan HPHT adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal HPHT, mengurangi 3 pada bulan HPHT, dan menambahkan 1 pada tahun HPHT.

Contohnya sebagai berikut ;

Sebelum anda mengetahui telah positif hamil, anda mengalami haid terakhir pada 10 April 2014 sampai 18 April 2014, maka HPHT anda adalah 10 April 2014, dengan tanggal perkiraan melahirkan adalah pada

  • Tanggal 10 + 7 = 17
  • Bulan April (4) - 3 = (1) Januari
  • Tahun 2014 + 1 = 2015

Dengan demikian HPL atau hari perkiraan melahirkan anda adalah pada 17 Januari 2015.

Lalu bagaimana cara menghitung perkiraan melahirkan jika HPHT yang anda alami terjadi pada bulan januari, februari, atau maret?

Maka untuk menentukan bulan perkiraan persalinan adalah dengan menambahkan 9 pada bulan HPHT tersebut.

Contohnya, jika HPHT anda di bulan 2 atau februari, maka 2 + 9 = 11, maka HPL anda adalah pada bulan ke 11 (November) dengan penghitungan hari dan tahun tetap sama dengan cara penghitungan di atas (Hari +7, Tahun + 1).

Bagaimana? mudah bukan menetukan tanggal persalinan atau tanggal perkiraan melahirkan menggunakan rumus neagle di atas? Jangan lupa like dan bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi rekan atau keluarga anda yang mungkin sangat membutuhkannya.