Tips Kehamilan

Inilah 4 Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

Apa yang akan dialami oleh ibu hamil pasca persalinan?

Apa tanda-tanda ibu hamil akan segera melahirkan?

Untuk menjawab 2 pertanyaan di atas, ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri ibu hamil akan segera melahirkan berikut ini

Ciri Ibu Hamil Akan Melahirkan

Persalinan

Sedikitnya ada 4 tanda atau ciri yang secara umum akan dialami oleh ibu hamil menjelang persalinan dan merupakan tanda-tanda saat kelahiran bayi sudah dekat, yaitu

Keluarnya Lendir Bercampur Darah

Melunak dan menipisnya serviks pada ibu hamil menjelang persalinan ditandai dengan keluarnya lendir kental kecoklatan bercampur darah yang dikenal dengan istilah bloody show. Ini merupakan tanda awal yang dialami oleh ibu hamil menjelang persalinan.

Kontraksi Otot Rahim yang Terasa Seperti Mulas

Proses selanjutnya adalah terjadinya kontraksi pada otot rahim.

Meskipun banyak ibu hamil merasa kerepotan saat mengalami hal tersebut, kontraksi otot rahim merupakan sebuah proses yang penting untuk mendorong posisi janin mendekati tulang panggul.

Proses kontraksi akan terjadi secara rutin dengan jangka waktu dari satu kontraksi ke kontraksi berikutnya akan semakin pendek seiring semakin dekatnya waktu lahir janin.

Nyeri Pada Area Panggul

Posisi janin yang semakin turun akan menyebabkan tekanan pada tulang panggul dan terasa sakit oleh ibu hamil terutama di area sekitar perut bawah

Pecahnya Air Ketuban

Tahapan terakhir menjelang proses persalinan adalah keluarnya air ketuban, baik merembes ataupun keluar dengan deras.

Ciri air ketuban, umumnya berwarna bening dan tidak berbau

Sangat baik untuk memastikan anda sudah berada di rumah bersalin atau sudah siap mendapatkan bantuan dari bidan saat proses keluarnya air ketuban.

Karena pada kasus keluarnya air ketuban secara deras, bayi harus segera dilahirkan agar tidak menjadi masalah yang sangat berbahaya bagi janin.