Tips Kehamilan

Telat Datang Bulan Atau Hamil? Ini Cara Mengetahuinya

Telat datang bulan atau terlambat haid seringkali diidentikkan sebagai tanda kehamilan, karena memang benar salah satu tanda awal kehamilan adalah berhentinya haid atau tidak mendapatkan menstruasi pada saat seorang perempuan biasanya mengalami menstruasi. Namun, bukan berarti bahwa semua perempuan yang mengalami terlambat datang bulan dapat dipastikan mengalami kehamilan.

Telat Datang Bulan

Telat Datang Bulan

Pada saat seorang perempuan hamil, maka proses peluruhan dinding rahim menjadi terhenti karena sel telur telah berhasil dibuahi, itulah yang menjadi penyebab terhentinya siklus menstruasi pada seorang perempuan yang memasuki masa kehamilan.

Namun, penyebab terhambatnya proses menstruasi tidak melulu dikarenakan kehamilan, aktifitas fisik yang berat atau kelelahan menjelang masa menstruasi bisa saja menjadi penyebab terlambatnya proses haid pada seorang perempuan.

Selain kelelahan, faktor stress yang tinggi ikut mengganggu siklus menstruasi, sehingga menyebabkan datangnya tamu bulanan tidak bertepatan dengan waktu normal seperti biasanya.

Lalu, bagaimana membedakan terlambat datang bulan yang disebabkan hamil atau tidak?

Telat Datang Bulan, Apakah Hamil ?

Salah satu cara paling mudah tentunya adalah melakukan pengujian dengan menggunakan alat uji kehamilan, walaupun hasil uji pada masa-masa awal kehamilan seringkali memiliki tingkat keakuratan yang rendah.
Atau, anda bisa melakukan pengujian kehamilan yang dilakukan oleh dokter atau ahli medis untuk hasil uji yang lebih akurat.

Selain melakukan pengujian, perhatikan juga tanda-tanda lain yang ditunjukan oleh tubuh anda. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tanda kehamilan, baiknya anda baca tanda-tanda awal kehamilan, dan baca juga 10 ciri kehamilan yang sebaiknya anda tau.

Tentunya, sangat penting mengetahui apakah anda hamil atau tidak pada saat anda terlambat haid, terutama bagi anda yang memang sudah menunggu kehadiran seorang anak, dengan mengetahui kehamilan sejak awal, maka anda bisa mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan lebih baik demi menjaga kesehatan janin yang anda kandung.