Tips Kehamilan

Penyebab Payudara Membesar Saat Hamil

Salah satu tanda dari kehamilan yang paling umum dialami oleh perempuan adalah membesarnya ukuran payudara melebihi ukuran pada saat sebelum hamil. Perubahan tersebut merupakan perubahan normal yang penyebabnya akan kita ulas di artikel penyebab payudara membesar saat hamil berikut ini.

Pembesaran Ukuran Payudara, Salah Satu Tanda Kehamilan

Pembesaran Ukuran Payudara

Peristiwa kehamilan merupakan peristiwa pembentukan janin atau calon bayi di dalam rahim yang diiringi oleh perubahan kadar hormon di dalam tubuh, dan kadar hormon di dalam tubuh yang berubah jumlah produksinya menyebabkan terjadinya perubahan baik pada fisik maupun sisi emosi seorang perempuan hamil. Selengkapnya bisa anda baca di 10 tanda kehamilan yang wajib anda ketahui.

Dari sekian banyak perubahan yang terjadi pada masa kehamilan, salah satu perubahan yang terjadi pada fisik perempuan hamil adalah membesarnya ukuran payudara yang jauh lebih besar dari ukuran sebelum masa hamil.

Para ahli percaya bahwa perubahan ukuran payudara pada perempuan hamil yang membesar dari ukuran sebelum hamil dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon esterogen dan progesteron di dalam tubuh.

Akibat dari peningkatan dua hormon di atas pada seorang perempuan hamil adalah membesarnya ukuran payudara dan meningkatnya sensitifitas pada area payudara. Sehingga payudara terasa lebih sensitif, dan mudah terasa nyeri saat tersentuh.

Secara normal, perubahan juga terjadi pada area areola yang semakin melebar dan berwarna lebih gelap dan kadang disertai dengan rasa gatal.

Perubahan Hormon Pada Masa Kehamilan

Selain hormon esterogen dan progesteron, pada masa kehamilan, terjadi juga peningkatan aktivitas hormon Human Placental Lactogen atau HPL di dalam tubuh seorang perempuan hamil.

Seluruh perubahan baik fisik maupun hormonal di atas merupakan proses yang normal yang menandakan tubuh seorang perempuan hamil telah mulai mempersiapkan diri menghadapi masa menyusui bayi yang pada saat perubahan tersebut dimulai, masih berada di dalam rahim.